Minggu, 02 Maret 2014

Tips Jitu mengatasi kesemutan dengan cara yang alami dan sederhana

Kesemutan atau parestesia adalah suatu sensasi yang dirasakan tanpa ada stimulus dari luar. Hampir semua orang pernah mengalami kesemutan baik kesemutan di kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Kalau sudah kesemutan, biasanya akan terasa kebal, ngilu, walau akan berangsur-angsur hilang jika kita mulai menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan tersebut.

Banyak orang yang menganggap enteng gejala kesemutan ini. Mungkin karena gejalanya yang kadang datang, lebih banyak tidak. Mudah datang, mudah pula hilang. Saat kesemutan muncul, ini seringkali mengganggu aktifitas rutin kita karena kita hampir tidak bisa bergerak. Bila Anda ingin agar kesemutan tidak datang menghampiri, berikut ini tips bagaimana cara mengatasi dan menghindari munculnya kesemutan.

1. Hindari posisi tubuh yang menekan syaraf dan peredaran darah. Misalnya menonton tv sambil tiduran, atau menulis di lantai sambil tengkurap. Bila ingin menulis sebaiknya duduklah di kursi dengan bokong merapat ke belakang dan punggung lurus menempel pada sandaran. Bila diperukan, cobalah pilih kursi ergonomis

2. Bila Anda duduk, jangan terlalu sering menyilangkan kaki, ini akan menghambat aliran darah dan bisa menyebabkan kesemutan

3. Perlu juga menjaga sikap tubuh yang baik, misalnya dengan menghindari menekuk kaki atau tangan terlalu lama. Atau bila sedang mengetik, istirahatkan jari sebentar, lenturkan jari, siku sehingga aliran darah kembali normal.

4. Bila Anda termasuk seseorang yang sensitif alias gampang kesemutan, Anda bisa mengurangi kesemutan dengan cara berolah raga secara teratur. Olah raga mempunyai banyak manfaat untuk melancarkan peredaran darah.

5. Pertahankan pola makan dengan memperhatikan cakupan gizi, vitamin dan nutrisi seimbang. Cobalah untuk menjaga agar kekurangan vitamin B1, karena dapat mengganggu aliran atau rangsangan pada sistem syaraf. Pebanyak makanan dari sumber vitamni B1, yaitu unsur besi yang banyak ditemukan pada daging merah, sayuran hijau segar, biji-bijian dan lain-lain.


Semoga bermanfaat yah :)

Posted by : obatdarahtinggi.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar